Jangan Pernah Berhenti Belajar

Bila kita menganggap bahwa kita sudah tak perlu lagi belajar selepas meraih ijazah sekolah, maka kita salah besar. Dunia sedang berjalan semakin cepat. Dan kita pun harus belajar dengan cepat pula, jika kita tidak ingin tertinggal di belakang.

Manusia bekerja semakin baik. Tetapi persoalan yang muncul pun semakin rumit. Dan kita memerlukan ketrampilan-ketrampilan baru. Bukan hanya sebagai alat untuk meraih kemajuan. Namun, untuk berada di tempat, karena kita juga dituntut untuk tahu bagaimana menjaga posisi. Karena itu, jangan pernah berhenti belajar.

Pelajarilah hal-hal baru dengan penuh antusias. Belajar berarti membuka diri kita pada dunia yang maha luas ini. Belajar mengingatkan kita sesuatu yang besar, membuka wawasan, sesungguhnya kita tak mungkin tahu semua jawaban.

Belajar mengajarkan pelajaran terpenting dalam hidup, yaitu kerendahan hati untuk bertanya. Kehidupan manusia selalu berubah. Bukan hanya dari tahun ke tahun, atau dari bulan ke bulan. Tetapi, dari hari ke hari.

Manusia akan menemukan cara-cara terbaik bagi hidup mereka. Rahasia alam ini terlalu Maha Besar untuk dimengerti dalam seumur yang fana ini. Kita tidak harus mengetahui semua jawaban. Karena semua jawaban hanya ada pada Dia Yang Maha Mengetahui segalanya.

Namun, kita harus terus berusaha mengetahui apa yang terbaik bagi hidup kita. Untuk itu kita harus terus belajar. Seumur hidup kita tanpa kenal lelah.

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com

4Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *