Tak Ada Kata ‘Terlambat’ Untuk Terus Berusaha

Jangan risaukan berapa usia kita sekarang. Ada pepatah yang mengatakan, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Bahkan, tiada kata terlambat untuk memulai langkah di jalan keberhasilan kita.

Bagaimana pun usia kita sudah lewat dan tak perlu ditarik kembali. Tak ada kata ‘tua’ untuk dapat terus berusaha pada kebaikan-kebaikan dari keberhasilan kita.

Tak perlu juga berpanjang-panjang menyesali betapa sedikit yang telah kita raih dalam usia kita. Yang kita miliki adalah saat ini. Dan saat ini adalah selalu saat yang tepat untuk merasakan hal baru. Lepaskan tambatan dan hambatan kita dengan masa lalu.

Bertahun-tahun, Nelson Mandela menyerukan kebangkitan bangsa Afrika Selatan dari balik terali penjara. Dan kita semua tahu, ia menjadi presiden Afrika Selatan di usia 75.

Bahkan, para pejuang bangsa Indonesia pun tak kenal lelah demi tercapainya kebebasan yang hakiki. Yaitu, Kemerdekaan Republik Indonesia yang kita cintai.

Masih panjang daftar pembaharu dunia yang menapaki keberhasilannya di usia senja. Bila demikian, masihkah kita beranggapan bahwa kita terlalu tua untuk berusaha?

Berupayalah seolah-olah kita hidup selamanya. Namun, raihlah kebahagiaan kita seolah-olah esok akan mati. Tidak ada kata terlambat untuk terus berusaha melakukan kebajikan. Jangan berhenti, teruslah berusaha.

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com

3Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *