Siapkan Diri Sambut Ramadhan

Insya Allah dalam hitungan hari lagi, umat Islam akan kedatangan bulan Ramadhan. Lagi-lagi tidak terasa, begitu cepatnya waktu sudah berlalu. Optimalkah kita memanfaatkan bulan istimewa yang di setiap detiknya tersebar pahala dan keberkahan yang menunggu untuk kita gapai?

Jadikan Ramadhan tahun lalu sebagai pembelajaran dan evaluasi. Kita harus motivasi dan komitmen diri, agar Ramadhan tahun ini bisa lebih optimal.

Harapannya, selepas Ramadhan kita bisa menjadi muslim yang jauh lebih baik dari sebelumnya setelah menggembleng diri selama 30 hari untuk optimalkan ibadah.

Salah satu cara agar kita bisa mengoptimalkan bulan Ramadhan adalah dengan melakukan persiapan sebelum menjalani Ramadhan dari sekarang. Apa saja yang perlu dipersiapkan umtuk menyambut Ramadhan?

Pertama, Persiapan Spiritual. Perbanyaklah ibadah (puasa sunnah, baca alquran, dzikir, beramal, dan lainnya), jaga hati dan pikiran kita agar selalu positif, sabar, ikhlas, dan dijauhkan dari segala penyakit hati seperti iri, dengki dan lainnya.

Kedua, Persiapan Akal. Perdalam ilmu tentang fiqh puasa dan amalan ibadah di bulan Ramadhan. Kita bisa mengikuti kajian majelis ilmu, mendengarkan kajian via online, membaca buku, dan lainnya yang dapat menambah pengetahuan kita tentang istimewanya bulan Ramadhan serta amalan terbaik apa yang harus kita lakukan.

Ketiga, Persiapan Fisik. Agar kita dalam kondisi prima dalam menjalani bulan Ramadhan, maka perbanyaklah olahraga dan makan makanan sehat seperti buah dan sayuran. Jika badan kita sehat, maka dalam menjalani puasa Ramadhan akan jadi menyenangkan.

Keempat, Persiapan Materi. Persiapkan harta, tabungan agar kita dapat memberikan amal terbaik kita di bulan Ramadhan dimana pahala kita akan dilipatgandakan Allah SWT.

Semoga dengan bekal yang sudah dipersiapkan dengan baik ini, kita semua dapat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan tahun ini menjadi yang terbaik
.
.
Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com
.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *