Motivasi Ramadhan #4: Cara Bekerja Pintar Saat Ramadhan

Ramadan, bulan kesembilan dari kalender Islam adalah bulan paling mulia. Waktunya melakukan perbuatan baik, menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman, berdoa dengan doa terbaik, menjadi seorang dermawan, sekaligus refleksi spiritual.

Ramadhan juga merupakan periode yang menantang di tempat kerja, mengingat puasa dalam waktu lama dapat menguras energi kita.

Bagaimana kita bisa bekerja dengan ‘cerdas’ selama bulan Ramadhan dan memastikan bahwa produktivitas kita tidak menurun? Bisa dicoba kiat-kiat ini dan lihat perbedaan dalam jadwal kerja harian kita.

baca juga: Motivasi Ramadhan #1: Ramadhan Telah Datang

Rencanakan hari kerja kita
Ketika kelaparan menyerang, seringkali kita sulit untuk fokus pada tugas yang dihadapi. Namun, merencanakan pekerjaan kita, bahkan jadwal hari kerja sebelumnya dan membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan, dapat membantu kita menjaga momentum.

Sangat penting untuk mengalokasikan tugas-tugas penting ke ‘slot’ pagi saat kita sedang punya energi dan adrenalin tinggi. Pertahankan pekerjaan yang tidak terlalu menekan itu dikemudian hari ketika fokus kita cenderung menurun.

Hindari pertemuan sore hari
Sekitar jam 3 sore, orang-orang yang berpuasa dan telah mengkonsumsi makanan dan minuman mereka saat sahur mulai merasa terkuras. Pastinya akan kekurangan energi, lelah, dan tidak bisa fokus. Jadi, rapat sore hari pasti tidak akan berhasil, karena masalah fokus tadi, walau tidak semuanya seperti itu.

baca juga: Motivasi Ramadhan #2: Ramadan, Titik Penting Mencapai Kesalehan

Tukar pertemuan dengan panggilan video
Alih-alih rapat yang melibatkan perjalanan atau bolak-balik, cobalah dengan panggilan telepon atau video. Mereka sering sama bermanfaatnya dengan pertemuan langsung, dan juga membantu kita dan orang lain dalam tim, menghemat waktu dan energi.

Cobalah untuk tidur siang
Tidur di tempat kerja bukan lagi hal yang tabu, apalagi di saat seperti bulan Ramadhan. Ubah Hidup kita, dengan kita tidur siang hari dapat memiliki banyak manfaat dari tidur semalaman.

Dengan sore hari seringkali waktu yang paling sulit untuk menavigasi ketika datang ke pekerjaan yang berat, tidur siang memungkinkan kita mengisi ulang dan meremajakan untuk ledakan energi malam yang singkat.

baca juga: Motivasi Ramadhan #3: Kebijaksanaan yang Menginspirasi

Tetap sehat
Kita tidak bisa berharap untuk bekerja sepanjang bulan dan mencapai tujuan di tempat kerja jika kita merasa lemah, malas, marah, atau kurang tidur.

Pacu dan beri motivasi diri kita melalui Ramadhan, melakukan terlalu banyak dalam beberapa hari pertama akan menguras energi dan kemauan yang kita butuhkan untuk melanjutkan sisa bulan ini.

Tidur yang cukup (antara 6-8 jam setiap malam). Itu lebih baik untuk tubuh kita jika kita menghindari makanan bergula, berminyak dan makan makanan bergizi untuk sahur dan berbuka.

Minumlah banyak air di malam hari dan pagi hari agar tetap terhidrasi sepanjang hari. Semoga menjadi Ramadhan terbaik tahun ini.

Cecep Y Pramana | Twitter/IG/LINE: @CepPangeran | LinkedIn: Cepy Pramana | Google+: CecepYPramana | Email: pangeranpram@gmail.com
.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *